Profil Masjid



Sejarah Singkat
Masjid Al-A’laa Perum UNS IV Triyagan, Mojolaban 
Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia


Assalaamu’alaikum Wr Wb.
Saudaraku yang dirahmati Allah SWT,

Alhamdulillahi robbil alamin, segala pujian hanya milik Allah yang telah memberikan segala kenikmatan kepada seluruh makhluq. Salam dan shalawat semoga senantiasa dicurahkan Allah untuk baginda Rasulullah Muhammad, SAW, beserta keluarganya, shahabat, dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.

Sejarah perjalanan Masjid Al-A’laa Triyagan Sukoharjo tidak lepas dari keberadaan berdirinya perumahaan UNS IV di Desa Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo. Setelah pembangunan perumahan tersebut selesai tahun 1987-an,  warga muslim  yang bermukim di perumahan ini belum memiliki sarana ibadah (masjid) untuk aktivitas keagamaan. 

Atas inisitaif beberapa tokoh dan warga muslim, mereka bergotong royong dan menyisihkan sebagian hartanya untuk mendirikan rumah Allah. Berkat ridho Allah SWT. pembangunan tahun 1988 berhasil berdiri bangunan masjid seluas 100 m2 di atas tanah seluas 300m2 yang diberi nama Masjid "Sebelas maret".  Pada tahun 1990 nama masjid berubah Masjid "Jami' Sebelas maret".  Seiring berjalannya waktu, tahun 1993 dilakukan renovasi dan nama masjid berubah lagi sehingga menjadi Masjid "Jami' Al-A'laa Sebelas maret".

Mengingat semakin banyaknya jamaah dan kondisi masjid yang dirasakan kurang lagi memadai, 20 Maret 2010 dimulai renovasi total masjid dengan diperluas dan dibuat  2 lantai yang pembangunannya sampai saat ini belum selesai yang sudah menelan biaya Rp. 1.267.794.530,- (baru sekitar 98%) saat ini tanggal 11 September 2022 sedang penyelesaian Mihrab.

Dalam rangka peningkatan manajemen pengelolaan dan layanan masjid, atas kesepakatan seluruh jamaah dalam forum Musyawarah Jamaah, bertepatan 26 Ramadhan 1434 (2 Agusrtus 2013) berhasil disusun Anggaran Dasar Ta’mir Masjid dan ditetapkan adanya perubahan nama masjid menjadi MASJID "AL-A'LAA" Perum UNS IV Triyagan. Di samping itu ditetapkan pula adanya logo yang baru dan revitalisasi masjid melalui pencanangan visi yang lebih progresif.



Berdasar Anggaran Dasar dan Surat Keputusan Ketua Ta’mir MASJID "AL-A'LAA" Perum UNS IV Triyagan No. 001/TK/MA/X/2013 telah ditetapkan Susunan Pengurus Ta’mir baru yang diharapkan dapat mendorong dan mengembangkan menjadi pusat syiar Islam sebagai wadah pembinaan umat Islam menuju pengamalan Islam secara kaffah. Amin Yarobbal ‘Alamin.




Wassalaamu’alaikum wr wb.

 
             Ketua Panitia